WARGA KOTA MALANG DIHIMBAU BERHATI – HATI, MALING MASIH DALAM STATUS ODP

WARGA KOTA MALANG DIHIMBAU BERHATI – HATI, MALING MASIH DALAM STATUS ODP

Aksi maling meresahkan warga Puri Kartika Asri Kelurahan Arjowingangun, Kedungkandang, Kota Malang, Rabu (12/1/2022) dini hari. Korban, Isak Firman (39), warga perumahan setempat menceritakan pelaku diduga beraksi sekitar pukul 01.10 WIB.

Saat itu, korban baru saja pulang ke rumah sekitar pukul 00.00 WIB. Sekitar pukul 00.30 WIB, korban tidur dan menyalakan lampu teras.

“Sekitar pukul 01.15 WIB, saya bangun untuk buang air kecil, dan waktu lewat ke ruang keluarga itu posisi sudah berantakan. Selain itu, lampu teras juga sudah padam, tetapi waktu itu saya belum sadar kalau rumah saya dimasuki pencuri,” ujarnya kepada TribunJatim.com (grup SURYAMALANG.COM), Kamis (13/1/2022).

Lalu sekitar pukul 05.30 WIB, korban dikagetkan dengan suara panggilan dari ketua RT setempat.

Ketua RT memberitahukan kepada korban, bahwa ada tas yang berisi foto kopi data milik korban berserakan di tepi jalan. Korban akhirnya menyadari bahwa rumahnya telah dimasuki pencuri.

Akhirnya, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Malang Kota. Korban mengaku, pelaku terbilang cepat dan lihai dalam melancarkan aksinya. Sebab, pelaku beraksi tanpa merusak kunci gembok pagar, kemudian mematikan lampu teras dan memanfaatkan pintu rumah yang tertutup tetapi tidak terkunci.

“Jadi, pelaku ini masuk ke rumah cukup cepat. Dalam aksinya, pelaku mengambil empat tas, dua tasnya di buang sekitar 20 meter dari rumah saya. Dan yang dua tas, dibawa kabur pelaku,” terangnya.

Dirinya mengungkapkan, untuk dua tas yang diambil berisi dompet milik korban dengan isi uang tunai Rp 2,2 juta beserta surat-surat kendaraan dan dompet istri korban berisi uang arisan PKK berisi kurang lebih Rp 7 juta dan laptop.

“Total kerugian untuk barang-barang yang hilang, nilainya sekitar Rp 20 juta. Dan usai kejadian tersebut, tak lama  petugas kepolisian langsung melakukan olah TKP selama tiga jam dengan mendatangkan tim Inafis dan K9. Untuk hasilnya, masih proses identifikasi dari petugas,” bebernya.

Korban menduga, pelaku sudah hapal dengan kondisi sekitar perumahan atau ada campur tangan dari orang dalam.

Pasalnya di jam tersebut, berdasarkan keterangan satpam komplek tidak ada orang masuk atau keluar dari lingkungan perumahan.

“Untuk di wilayah ini sejak pukul 17.00 WIB, semua akses keluar masuk hanya dilakukan melalui pintu depan (one gate system). Kalau dari dugaan saya, pelakunya lebih dari satu orang,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Malang Kota Kompol Tinton Yudha Riambodo mengaku sudah menerima laporan tersebut. Hingga saat ini, pihaknya masih terus melacak keberadaan dari pelaku.

“Untuk saat ini masih dalam proses penyelidikan. Kami mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati, dalam menutup dan mengunci rumah, karena bisa saja kelalaian tersebut dimanfaatkan oleh pelaku yang sudah mengamati gerak-gerik calon korbannya,” tandasnya.

 

 

Sumber : https://suryamalang.tribunnews.com/2022/01/13/aksi-maling-satroni-rumah-warga-puri-kartika-asri-malang-pelaku-gasak-uang-tunai-dan-laptop?page=2

Baca Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *