Akses Dan Biaya Menuju Gunung Bromo

Akses Dan Biaya Menuju Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung dengan ketinggian 2392 mdpl yang terletak di 4 wilayah pemerintahan di Jawa Timur , yaitu kabupaten Malang, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan. Didukung dengan adanya beberapa tempat wisata yang ada di sekitar dan keramahan penduduk setempat, menjadikan gunung ini sebagai tempat wisata yang unik dan asik. Bila kamu tertarik untuk mendaki Gunung Bromo, lebih baik antara bulan Mei – Oktober, dimana musim kemarau sedang berlangsung. Hal ini agar meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, dan agar bisa menikmati sunrise yang lebih sempurna!

 

1. Stasiun Malang-Terminal Arjosari

Photo by yuga.student.umm.ac.id

Karena terletak di empat kabupaten, menjadikan Gunung Bromo sangat mudah diakses. Transportasi ke Bromo pun juga sudah … dari berbagai penjuru kota di Jawa Timur. Untuk kamu yang dari Kota Malang, dari Stasiun Kota Malang lanjutkan perjalanan menuju Terminal Arjosari, bisa menggunakan Angkutan Kota seri AL. Tarif angkutan umum ini sebesar Rp. 4.000,- saja.

2. Terminal Arjosari-Pasar Tumpang

Photo by ngalam.co

Setelah kamu sampai di Terminal Arjosari, kamu bisa langsung menuju ke tujuan berikutnya yaitu Desa Tumpang. Kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum berwarna putih menuju ke Pasar Tumpang yang tarifnya hanya sekitar Rp. 4.000,- sampai Rp. 5.000,- saja. Dari sini kamu bisa meneruskan perjalanan ke desa GubugKlakah, dan akan bertemu dengan jalur yang melewati Lumajang, yaitu kawasan Jemplang dan kemudian dilanjutkan melewati padang savana gunung Bromo.

3. Sewa Jeep

Photo by jeepbromo.blogspot.co.id

Dari Desa Tumpang kamu dapat menggunakan Jeep menuju pintu masuk kawasan TNBTS ( Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ) dengan harga sewa sekitar Rp. 750.000 per 6 orang, tergantung bagaimana kamu menawar harga.

4. Tiket Masuk Gunung Bromo

Bersyukurlah kamu menjadi orang Indonesia, karena harga yang dibandrol untuk wisatawan domestik lebih murah hampir 10 kali lipat daripada wisatawan mancanegara. Untuk wisata domestik hanya Rp. 27.500,- hari senin – kamis dan Rp. 32.500,- hari jumat – minggu. Sedangkan bagi wisatawan mancanegara mencapai Rp. 217.500,- untuk hari senin – kamis, dan Rp. 317.500,- untuk jumat – minggu. Wah murah kan, ya?

5. Sewa Kuda

Photo by www.khoirurosida.com

Setiba di tempat parkir jeep, kamu akan melihat persewaan kuda yang menawarkan jasa antar menuju kawah. Kamu bisa menyewa kuda-kuda di sana seharga Rp. 100.000,- harga tergantung cara kamu menawarnya. Lumayan bukan, kamu tidak perlu capek untuk menyusuri jalanan yang cukup curam dan berdebu yang dipenuhi batu-batuan yang bertambah besar.

2 comments

Baca Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

2 Comments