Trekking Ala-ala Di Budug Asu

1. Lokasi


Berada di lereng Gunung Arjuno. Di daerah kawasan kebun teh wonosari di Singosari. Harga tiket masuk per orangnya 15.000. Tiket masuk dengan motor cross 10.000 dan dengan mobil jeep 25.000. Parkir di Daerah kebun teh Wonosari sekitar 3.000.

2. Rute


Ada tiga jalur yaitu kebon teh Wonosari, BBIB, dan Sumberawan. Jalur yang cukup aman yaitu area Kebun Teh Wonosari. Langsung saja ke Stasiun Lawang, kemudian ke Barat ke Kebun Teh Wonosari. Kamu bisa menitipkan motor, mobil di pemukiman warga di sekitar Kebun Teh.

3. Dikawal Hutan pinus


Kamu diwajibkan jalan kaki untuk sampai ke puncak. Kondisi jalannya berbatu, dikelilingi hamparan kebun teh dan hutan pinus. Kesabaran juga dibutuhkan. Biasanya banyak yang berfoto di lokasi ini.

4. Tanjakan Dhemit


Selanjutnya ada dua pilihan trek. Trek pertama memutar dan lebih landai , sedang trek kedua lebih dekat namun menanjak, namanya tanjakan dhemit. Kalau dilihat dari bawah keliatan gampang tapi ternyata susah banget ketika naik ke atas. Kamu harus berhati-hati. Sudah ada tali di tanjakan ini, jadi setidaknya sedikit membantu.

5. Spot favorit untuk off road


Awalnya spot Budug Asu ini hanya digunakan oleh kalangan motor crosser atau offroader sebagai jalur utama di kaki Gunung Arjuno. Ada juga mobil jeep. Dijamin lebih seru deh.

6. Canyoning Tebing Sriti atau rock climbing


Lokasi canyoningnya ada di lereng Gunung Arjuno, tepatnya Tebing Sriti. Tebing ini berupa patahan yang eksotis. Ada juga rock climbing. Kamu diharuskan menyeberangi jembatan layang di ketinggian lereng Gunung Arjuno. Cocok buat yang suka olahraga extreme.

7. View indah nan merilekskan pikiran


Di utara tampak Gunung Arjuno, ada Gunung Panderman di selatan. Di sebelah timur, hamparan kebun teh yang hijau dan puncak Mahameru yang gagah nan eksotis. Budug Asu juga punya gardu pandang yang unik dan wajib diabadikan.

8. Bermalam di Budug Asu camp


Kamu juga bisa bawa tenda untuk bermalam. Jerih payah selama perjalanan dengan membawa beratnya perbekalan akan terbayar lunas. Sunrisenya juga apik, perlahan muncul dari Bromo Tengger Semeru di kejauhan. Disini sudah ada toilet, bangku, Cafe ilalang dan warung.

9. Tips berwisata


Bawa bekal yang cukup, karena di puncak jarang ada warung, hanya ada satu atau dua saja. Pakai baju yang nyaman dan sesuai dengan kondisi disana ya. Lebih disarankan memakai sandal gunung atau sepatu treking ya, karena kondisi treknya yang menantang. Dan buang sampah pada tempatnya serta jaga lingkungan yaa.

(Visited 1020 times, 1 visits today)

You might be interested in