9 Masjid Yang Indah Di Malang Raya

9 Masjid Yang Indah Di Malang Raya

1. Masjid Agung Jami’


Berada di sekitaran alun-alun kota Malang. Masjid ini didirikan pada tahun 1890 M. Menurut prasasti yang ada, masjid ini dibangun dalam 2 tahap, tahun 1890 M dan tahun 1903 M. Bergaya arsitektur Jawa dan Arab membuat masjid ini tampak megah dan mewah.

2. Masjid Tiban Turen


Masjid ini merupakan sebagian bangunan dari Pondok Pesantren Syalafiyah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaairil Rahmah. Bangunannya yang bergaya timur tengah ini terkenal juga dengan kemegahannya, berlantai 10 yang hampir di setiap temboknya terdapat ukiran dan kaligrafi Arab.

3. Masjid Salman Al Farisi


Masjid cantik ini mirip seperti Taj Mahal yang ada di India. Dari luar masjid ini mencolok dengan warna putih tulang dan keemasan. Masjid ini dikelilingi sawah dan kebun milik warga. Suasananya juga tenang di masjid ini.

4. Masjid Agung An Nuur


Berada di sebelah selatan alun-alun kota Batu, Masjid Agung An-Nuur ini berdiri megah. Warna hijau dan kuning mendominasi. Masjid ini sudah dibangun sejak tahun 1920 dan mengalami sentuhan modern di berbagai sisi. Fasilitasnya juga lengkap.

5. Masjid Sabilillah


Masjid ini dinobatkan sebagai masjid percontohan Paripurna Nasional oleh Kementerian Agama Kemenag RI pada tahun 2016 lalu. Masjidnya luas dan cukup menampung banyak jamaah. Selalu mengadakan berbagai kegiatan secara rutin.

6. Masjid Agung Al Hidayah


Masjid ini tampak seperti Masjid Hagia Sophia di Turki. Letaknya di pinggir jalan sehingga mudah dijumpai. Suasananya khas timur tengah. Di dalamnya ukiran-ukiran hingga ornamennya sangat memukau. Dilukisan kubah masjid bertuliskan kaligrafi.

7. Masjid A. R. Fachruddin


Berada di Kawasan Universitas Muhammadiyah Malang. Masjid ini memadukan tiga budaya sekaligus, yaitu Jawa, Arab dan modern. Di lantai 1 dijadikan kantor pusat study, lantai 2 tempat takmir masjid dan lantai ke 3-5 digunakan unutuk ibadah.

8. Masjid Nur Inka


Masjid ini didirikan oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo untuk mengenang anaknya yang wafat karena sakit, bernama Nur Inka. Satu komplek dengan Museum Brawijaya. Lantai kayu tanpa karpet dan dindingnya dihiasi kaligrafi yang indah.

9. Masjid Cahyaningati


Berada di kawasan perumahan elite kota Malang. Sekilas berbeda dengan masjid lainnya. Lebih seperti bangunan budaya, bentuknya menjadi icon tulisan di huruf A-nya. Fasiltasnya juga elite. Suasananya nyaman dan tenang untuk beribadah.

 

1. masjid agung jami : Jl. Merdeka Barat No.3, Kauman, Klojen
2. masjid tiban turen : Jl. Anggur, Sananrejo, Turen
3. masjid salman al farisi : Jl. Karangampel timur, Karangwidoro, Dau
4. masjid agung an nuur : Jl. Gajah Mada No.2, Sisir, Batu
5. masjid sabilillah : Jl. A. Yani No.15, Blimbing
6. masjid agung al hidayah : Jl. Raya Karangan, Bonowarih, Karangploso
7. masjid A. R. Fachruddin : Universitas Muhammadiyah No. 246, Jl. Raya Tlogomas, Tlogomas
8. masjid nur inka : Jl. Wilis, Gading Kasri, Klojen
9. masjid cahyaningati : Perum Permata Jingga West Area, Jl. Puncak Borobudur, Tunggulwulung

Baca Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *