7 Wisata Alam Penuh Legenda Di Malang Raya

7 Wisata Alam Penuh Legenda Di Malang Raya

1. Coban Rondo


Dewi Anjarwati dan suaminya sedang perjalanan ke gunung Anjasmoro, lalu bertemu Joko yang terpikat kecantikan dewi. Mereka berduel memperebutkannya, Dewi bersembunyi dibalik coban, ternyata keduanya tewas. Dewi pun meratapi nasib sebagai janda.

2. Pantai Goa Cina


Keunikan pantai ini adalah sebuah gua di kanan pantai. Dulunya tempat itu pertapaan seorang biksu Cina. Biksu itu lalu meninggal hingga akhirnya mayatnya ditemukan oleh warga. Yang ditemukan hanya tulang belulang dan tulisan Mandarin kuno.

3. Sumber Taman


Mulanya ada kakek tua melewati taman. Kakek lapar dan meminta makanan pada sepasang kekasih, Namun kakek dibentak. Tak diduga, kakek murka dan berubah jadi ular raksasa. Kakek mengutuk mereka jadi pohon besar yang mengeluarkan aliran air deras.

4. Sumber Jenon


Rantung Grati dan Irogat hidup bercocok tanam dan panennya melimpah. Saat kemarau semua tanaman mati kekeringan. Rantung grati pun bertapa di gunung harimau dibawah pohon jenon. Pohon itu tumbang karena angin kencang lalu muncul aliran air.

5. Pantai Ngliyep


Banyak cerita yang melekat dengan Nyi Roro Kidul, ratu pantai selatan. Di kawasan pantai ini ada gunung kumbang. Kabarnya, gunung ini adalah tempat favorit beliau saat berkunjung kesini. Bahkan sebelum menjadi ratu, beliau bertapa dulu di sini.

6. Gunung Arjuna


Arjuna dulu bertapa disini dan mendapat kekuatan, hingga bumi kacau balau. Batara Ismaya pun memotong puncak gunung tersebut yang sekarang disebut gunung wukir. Ada juga kisah dari pasar dieng, alas lali jiwo, suara ngunduh mantu.

7. Pantai Bajul Mati


Pantai dengan hamparan pasir putih nan indah ini memiliki legenda yang berkembang di masyarakat. Konon penamaan nama pantai Bajul Mati bermula tahun 1890-an ditemukan buaya mati dipinggir pantai. Ada juga yang beranggapan karang yang seperti buaya yang hidup di malam hari.

Baca Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *