6 Tempat Ibadah Bersejarah Di Malang Raya

6 Tempat Ibadah Bersejarah Di Malang Raya

1. Masjid Agung Jami’


Masjid ini didirikan tahun 1890 M. Menurut prasasti yang ada, masjid ini dibangun 2 tahap, tahun 1890 M dan tahun 1903. Bergaya arsitektur Jawa dan Arab membuat masjid ini tampak megah dan mewah.

2. Gereja Hati Kudus Yesus


Salah satu bangunan rumah ibadah berusia tua dengan nilai historis yang tinggi. Gereja Kayu Tangan ini menjadi saksi eksistensi umat Katolik sejak masa kolonial Belanda di Malang. Bangunan ini didirikan tahun 1905 dengan gaya arsitektur Neo-Ghotic.

3. GPIB Jemaat Immanuel Malang


Gereja protestan Indonesia bagian barat ini berada satu kawasan dengan Masjid Agung Jami. Berdiri sejak tahun 1861. Selain itu, gereja ini juga menyimpan dua Alkitab kuno yang usianya hampir 400 tahun. Alkitab kuno tersebut tersimpan rapi di sebuah lemari di dalam gereja.

4. Vihara Dhammadipa Arama


Vihara ini berdiri sejak tahun 1971 dan menjadi tempat ibadah umat Buddha. Dari sisi arsitektur bangunan berbentuk pagoda bernama Patirupaka Shwedagon Pagoda, menyambut pengunjung di pintu masuk. Pagoda tersebut merupakan replika dari Shwedagon Pagoda di Myanmar.

5. Pura Amerta Jati


Tepat berada di tengah pulau Ismoyo. Terdapat sebuah pura yang mirip dengan Tanah Lot. Pura tersebut dibangun pada tahun 1985. Sebuah jembatan dibangun untuk menghubungkan pulau Ismoyo dengan bibir pantai Balekambang.

6. Klenteng Eng An Kiong


Dibangun pada tahun 1825 atas prakarsa dari Liutenant Kwee Sam Hway, keturunan ketujuh dari seorang Jenderal di Dinasti Ming. En An Kiong bermakna “istana keselamatan dalam keabadian Tuhan”. Klenteng ini merupakan klenteng Tri Dharma, yaitu diperuntukkan bagi penganut agama Buddha, Tao dan Khonghucu.

6 Tempat ibadah bersejarah di Malang raya

1. Masjid Agung Jami’
Jl. Merdeka Barat No.3, Kauman, Klojen
2. Gereja Hati Kudus Yesus
Jl. MGR Sugiyopranoto No.2, Kiduldalem, Klojen
3. GPIB Jemaat Immanuel Malang
Jl. Merdeka Barat No.9, Kauman, Klojen
4. Vihara Dhammadipa Arama
Jl. Raya Ir. Soekarno No.311, Junrejo, Batu
5. Pura Amerta Jati
Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur
6. Klenteng Eng An Kiong
Jl. Martadinata, Kotalama, Kedungkandang

Baca Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *