Para pedagang di Pasar Madyopuro Kota Malang akhirnya dapat menempati lapak mereka setelah proses revitalisasi pasar selesai. Sejak 7 Januari 2022 kemarin, pedagang mulai dipindahkan dari lapak penampungan sementara yang terletak di Terminal Madyopuro Kota Malang.
Revitalisasi pada los pedagang ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Malang dalam menguatkan daya saing pasar rakyat. Dari data yang diterima Surya, total ada 360 unit meja los baru yang telah dibangun dari 269 pedagang di los Pasar Madyopuro.
Beberapa dari pedagang ada yang masih memperbaiki tatanan los mereka, sebagian lagi ada yang langsung berjualan. Para pedagang pun mengapresiasi Pemkot Malang atas pembangunan los di Pasar Madyopuro ini.
Jika dulunya, suasana pasar kumuh, kini nampak bersih dan suasana lebih sejuk karena bangunannya lebih terbuka dengan atas menjulang tinggi.
“Intinya kami bersyukur atas dibangunnya pasar Madyopuro ini. Kalau begini jualan bisa lebih enak,” ucapnya. Sementara itu, menanggapi selesai revitalisasi Pasar Madyopuro ini Wali Kota Malang, Sutiaji menegaskan bahwa pembenahan pasar akan terus dilakukan di tengah pandemi yang tak kunjung usai.
Hal ini berdampak pada kontraksi ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan demi menjaga momentum tumbuh kembang ekonomi kerakyatan di Kota Malang.
“Tentunya bertahap ya kita benahi dan terus jalin komunikasi dalam prosesnya. Kita ingin pasar-pasar kita nyaman bagi pedagang maupun pembeli”, ujar Sutiaji. Pasar Madyopuro adalah pasar rakyat ke-13 yang telah tersentuh program revitalisasi.
Adapun pekerjaan revitalisasi pasar yang memiliki luas total 81.624 meter persegi ini mencakup antara lain pembangunan dan penggantian atap, peninggian lantai serta pembuatan meja los pedagang.
Seluruh pekerjaan dilakukan untuk menangani permasalahan fisik pasar, khususnya di area los pedagang yang atapnya sudah banyak kebocoran, meja eksisting rusak, saluran mampet dan lantai yang becek karena ketinggian awalnya di bawah saluran air.
Kepala Diskopindag Kota Malang Sailendra mengatakan, selesainya pembenahan los tentu menghadirkan rasa nyaman tersendiri bagi pedagang dan pembeli.
Mengingat area los sudah tidak lagi tergenang dan sirkulasi udara pun membuat pedagang dan pembeli lebih nyaman.
“Sementara ini memang los. Ke depan untuk pedagang kios dan bedak akan kami kaji kebutuhan penataannya,” tandasnya.
Sumber : https://suryamalang.tribunnews.com/2022/01/11/pedagang-pasar-madyopuro-malang-puas-hasil-revitalisasi?page=2
Leave a Comment
Your email address will not be published. Required fields are marked with *