Kurang Piknik? 6 Wisata Gratis Yang Ada Di Malang Ini Cocok Buat Kamu!

Hari gini ada yang gratisan? Tentu ada dong! Tak hanya menyuguhkan berbagai wisata yang ciamik, di Malang juga ada banyak wisata yang gratisan, alias tidak dipungut biaya tiket masuk. Eits, tapi jangan salah.. Walaupun judulnya gratisan, wisata ini tak kalah kece sama wisata lain lho, Amazing People! Pengen tau isinya apa aja? Buruan, scroll kebawah!

 

1. Alun Alun Malang

Photo by ngalam.co

Alun Alun Malang yang kini hadir dengan wajah baru semakin menarik perhatian pengunjung. Dengan lokasi yang strategis dan dikelilingi banyak pusat perbelanjaan, menjadikan tempat ini tak pernah sepi pengunjung tiap harinya. Tersedianya spot foto dan taman bermain juga menjadi alasan kuat kenapa kamu harus mengunjungi tempat ini, Amazing People! Sangat cocok bila mengunjungi tempat ini bersama keluarga. Selain itu, mata kamu pasti akan termanjakan oleh air mancur yang menari-nari yang berada tepat di tengah Alun-alun. Kamu bisa menikmatinya dengan berdiri atau duduk di kursi duduk yang mengitari air mancur. Aktifitas memberi makan Burung Merpati tidak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi tempat ini, lho. Segerombol burung Dara biasanya akan berterbangan mengitari Alun-alun apalagi waktu sore hari. Untuk dapat masuk ke Alun-alun Kota Malang kamu tidak perlu membayar tiket masuk, hanya perlu membayar retribusi parkir saja sekitar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5. 000 untuk roda 4. Fasilitas yang ada di dalam alun-alun bisa kamu manfaatkan dengan gratis! Bagaimana? masih belum tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

 

2. Alun Alun Tugu Malang

Photo by id.pinterest.com

Wisata Malang satu ini merupakan ikon Kota Malang. Hal tersebut membuat penduduk Kota Malang maupun yang sedang berlibur menyempatkan datang untuk mengunjungi ikon Kota Malang ini. Udara sejuk yang melengkapi indahnya taman bunga beraneka rupa, pasti membuat kamu betah untuk berlama-lama nongkrong di tempat bersejarah ini. Sesuai dengan namanya, di bagian tengah alun-alun, terdapat kolam luas yang dipenuhi dengan tumbuhan teratai serta sebuah tugu yang berada tepat di tengah kolam tersebut. Pada saat malam hari, pemandangan akan lebih menarik karena adanya lampu sorot yang menyinari Tugu dan air mancur dengan warna yang dapat berubah-ubah. Hal tersebut sangat kece bila dijadikan spot foto, apalagi dengan gedung Balai Kota Malang sebagai latarnya. Untuk masuk ke Alun-Alun Tugu Malang tidak dikenakan tarif atau tiket masuk. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir yang berada di depan SMAN 1 dan SMAN 4.

 

3. Ijen Boulevard Malang

Photo by www.rajareview.id

Sebagai wilayah yang menjadi landmark bagi Kota Malang, Ijen Boulevard atau yang lebih dikenal dengan jalan Ijen ini menjadi salah satu tempat yang sering didatangi atau sekedar dilewati oleh wisatawan ketika ke kota ini. Bentuk jalan yang dibuat menjadi Boulevard atau bisa disebut jalan kembar yang dibatasi dengan sebuah taman yang berada di bagian tengah, menjadikan kawasan ini menjadi daerah yang terkesan mewah. Di Taman Ijen sudah dapat kita jumpai banyaknya fasilitas lampu dan bangku yang tersedia, cocok sekali untuk bersantai dari padatnya lalu lintas Kota Malang. Tak hanya itu, pedestrian yang berada di sisi kiri dan kanan juga ikut mempercantik kawasan ini, pedestrian tersebut di mulai dari depan Gereja Ijen sampai perempatan Jalan Kawi. Kamu bisa berjalan-jalan atau sekadar duduk bersantai di Ijen Boulevard ini tanpa membayar tiket masuk. Untuk parkir kamu bisa ke Museum Brawijaya dan hanya perlu membayar Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda dua.

 

4. Taman Slamet Malang

Photo by deauno.wordpress.com

Taman Slamet, taman yang dulu hanya ada pohon pohon serta jalur pejalan kaki di tengahnya dengan lampu di kiri-kanannya kini telah berubah menjadi lebih atraktif dan lebih bermanfaat. Tak hanya dapat digunakan sebagai tempat jalan-jalan dan rekreasi saja, di Taman Slamet ini juga bisa digunakan sebagai tempat olahraga. Ada beberapa fasilitas yang tersedia yang dapat kamu manfaatkan ataupun kamu jadikan spot foto yang pastinya bakal kece abis! Spot foto Taman Slamet yang paling hits bernama Lorong 6 gunung. Dengan bentuk unik seperti pergola yang menyerupai gunung ini memang menjadi buruan para pengunjung untuk berfoto. Seperti namanya, lorong tersebut menggambarkan 6 gunung yang ada di sekitar Malang. Selain Lorong 6 gunung, ada juga spot foto lainnya seperti Papan nama Taman Slamet, Stand Photobooth, Pergola lorong berbentuk kotak berwarna putih, dan Sebuah Tiang Unik. Ada juga area olahraga, kursi taman dan lampu taman yang terseusun sedemikian rupa sehingga saat kamu berjalan-jalan disini akan terlihat keren banget! Untuk menikmati semua itu kamu tidak perlu membayar tiket masuk atau sejenisnya. Kamu hanya perlu membayar parkir dengan harga standar parkir di Kota Malang.

 

5. Taman Kunang Kunang

Photo by www.lostintowns.com

Taman Kunang-Kunang sukses menarik perhatian masyarakat Malang. Taman yang diresmikan pada tahun 2015 ini, memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan taman lain. Dilengkapi dengan 96 lampu LED kuning yang setiap malam menyala membuat taman ini nampak cantik mempesona ketika malam hari. Taman yang memanjang di antara Jalan Jakarta dan Simpang Ijen (Bakorwil) ini memang sengaja dibuat untuk lokasi bersantai sambil duduk-duduk menikmati keramaian kota. Karena Taman ini terbuka untuk umum, kamu bisa dengan mudah keluar masuk Taman ini, karena tidak ada penarikan biaya untuk itu alias gratis. Hanya saja kamu harus membayar biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi kesana.

 

6. Taman Kota Hutan Malabar

Photo by www.photomalang.com

Hutan Kota Malabar diresmikan pada 4 April 2016 oleh Abah Anton setelah dilakukannya revitalisasi yang sempat memunculkan banyak pro dan kontra. Apakah kamu tau? Tempat ini merupakan salah satu kawasan ruang terbuka hijau yang terbilang luas di Kota Malang. Saat masuk kedalam paru-paru Kota Malang ini, kamu akan merasakan hawa sejuk dan dingin yang akan menusuk kedalam kulitmu. Di tengah hutan kota ini terdapat kolam air yang menjadi sumber untuk mengairi taman-taman di Kota Malang. Di Taman Kota Malabar sudah tersedia banyak bangku-bangku yang tertata rapi dan jogging track yang dapat kamu manfaatkan untuk berolahraga sehat. Tempat sampah pun sudah tersedia di berbagai sudut taman, jadi tidak ada alasan untuk buang sampah sembarang ya, Amazing People! Tak hanya sekadar tempat melepas penat dan olahraga, disini juga dapat dimanfaatkan sebagai wisata edukasi. Hal itu ditunjang dengan dipasangnya papan nama tanaman pada setiap pohon yang tertanam. Tentu saja itu memudahkan bagi kamu yang ingin belajar mengenal nama-nama tanaman di dalam hutan. Terlebih kamu tidak dipungut biaya masuk loh! Hanya perlu membayar biaya parkir saja. Jadi, manfaatkan apa yang ada di taman ini dengan baik ya!

(Visited 410 times, 1 visits today)

You might be interested in