Jangan Ngaku Punya Jiwa Petualang Kalo Belum Ke 5 Tempat Wisata Ini!

Jangan Ngaku Punya Jiwa Petualang Kalo Belum Ke 5 Tempat Wisata Ini!

Berbagai tempat wisata bisa kamu kunjungi bila kamu main ke Malang. Dari yang mulai mengasyikan hingga mencengangkan sudah tersedia di sini. Apabila kamu lebih tertarik dengan hal yang menantang dan lebih kental dengan petualangan, kamu bisa mencoba tempat wisata yang akan kita bahas, terlebih lagi tempat wisata ini tak kalah keren dengan yang lain!

1. Coban Brues

Photo by jelajahmalangku.blogspot.co.id

Air terjun tersembunyi satu ini jarang diketahui, masih begitu alami dan hampir tidak terjamah. Sesuai dengan namanya, Coban Brues terdiri dari dua tingkatan air terjun. Coban yang berada di Dukuh Selokerto, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini sangat berdekatan dengan Air Terjun Campuhan. Jarak dari Kota Malang jika dihitung kurang lebih hanya 26 km saja. Dan jika dari pos wana wisata Bedengan hanya sekitar 1 km saja. Sepanjang perjalanan menuju coban, kamu akan ditemani dengan pemandangan indah dan tak biasa ala indonesia yang tergambar dengan apik. Yang pasti saat kamu akan berkunjung ke coban ini perlu memantau cuaca terlebih dahulu, karena dengan medan yang lumayan sulit akan sangat mengganggu bila diperjalanan tiba-tiba turun hujan.

2. Coban Parang Tejo

Photo by kepotherapy.blogspot.co.id

Bila kamu ingin melihat fenomena munculnya air terjun di balik air terjun, coba deh kunjungin Coban Parang Tejo! Air terjun yang terletak di lereng Gunung Butak ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan kucuran air yang halus. Selain menyuguhkan pemandangan yang ciamik dan kelembutan alirannya, coban ini juga menyajikan warna-warni pelangi yang biasanya terjadi pada musim kemarau dan matahari yang tengah terik. Nama Coban ini juga berkaitan dengan adanya fenomena tersebut, Parang yang berarti tebing dan Tejo yang berarti pelangi. Buat kamu yang ingin mengunjungi coban yang masih tergolong perawan ini, bisa menuju ke Dukuh Princi, Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Hanya berjarak sekitar 20 km saja dari arah Kota Malang. Dan jika dihitung dari objek wisata bedengan hanya sejauh 1 km saja. Jika boleh saran, lebih baik membawa kendaraan pribadi saja, karena masih belum ada angkutan umum yang menuju kawasan ini. Tapi jangan khawatir, karena kondisi jalan untuk menuju Desa Gadingkulon sudah cukup bagus dan beraspal. Sesampainya di Dukuh Princi yang merupakan dukuh paling barat Desa Gadingkulon, hanya perlu menempuh perjalanan 1,5 km saja untuk menuju coban ini, yang mana 1 km nya bisa dilalui dengan kendaraan bermotor dan 500 meter yang tersisa bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Di perjalanan, kamu akan diuji dengan medan yang sangat menanjak. Tapi jangan khawatir, hal ini tidak akan terasa berat. Karena di sepanjang perjalanan, lukisan Tuhan yang Maha Menakjubkan akan selalu memanjakan indera. Meskipun bergitu, kamu harus tetap berhati-hati ya! Karena sebagian jalanan setapaknya berbatasan langsung dengan jurang yang dalam.

 

3. Pantai Bantol

Photo by nginepmana.com

Pantai Bantol, pantai yang sangat indah dan eksotis ini terletak di Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Akses jalan menuju pantai ini pun sudah cukup mudah. Karena menjadi jalan akses keluar masuk truk yang mengangkut hasil panen maupun kayu. Jika ditempuh dari perempatan Desa Sumbermanjing Kulon, hanya berjarak kurang lebih 10 km saja ke arah selatan. Setelah itu kamu harus bisa menembus hutan dengan jalan makadam sejauh kira-kira 8 km, dan disinilah kamu mulai diuji! kamu harus mempunyai persiapan lebih untuk fisik dan kendaraan karena harus melalui hutan yang masih relatif sepi penduduk. Meskipun begitu, setelah sampai di lokasi, semua perjuanganmu akan terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan oleh pantai ini. Suasana pantai yang sepi memberikan kesan bahwa pantai ini masih sangat alami dan perawan. Air di Pantai Bandol juga sangat jernih dan menyegarkan, dengan gelombang laut yang tidak terlalu besar semakin menggambarkan betapa tenangnya pantai ini. Meskipun begitu, kamu masih perlu waspada apabila mengunjungi pantai ini saat air pasang, karena ombaknya bisa menyapu pantai dengan sangat keras. Selain itu, di pantai ini juga hidup banyak lobster dengan berbagai jenis yang dapat kamu jumpai. Di sini kamu juga disuguhi oleh pemandangan hutan mangrove yang tumbuh di dekat pantai, tepatnya di danau payau.

 

4. Pantai Pulodoro

Photo by islahagus.blogspot.co.id

Tak jauh dari Pantai Bantol, Pantai Pulodoro ini masih satu kawasan dengan pantai tersebut. Tepatnya di Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju pantai ini dari Pantai Bantol bisa dilakukan dengan berjalan kaki maupun menaiki motor. Dengan catatan kalau menempuh dengan motor harus sudah siap melewati jalanan yang berpasir. Lalu, kamu akan melewati jalan setapak dan menembus hutan selama kurang lebih 30 menit. Jika masih bingung dengan rute menuju pantai ini, kamu bisa bertanya kepada warga sekitar, yang terpenting jangan sampai tersesat ya!

 

5. Sumber Jenon

Photo by www.photomalang.com

Sumber Jenon terkenal dikalangan pengunjung sebagai sumber mata air yang dipercaya mujarab untuk menyembuhkan beragam penyakit. Kamu bisa mengunjungi sumber ini di kawasan Desa Gunung Ronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Biasanya, sebelum mengobati penyakitnya dengan mandi air Sumber Jenon, pengunjung terlebih dahulu menaburi air dengan taburan serangkaian kembang setaman. Akses untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat, lho. Jika dari pusat Kota Malang, kamu bisa langsung mengarah ke Pasar Tajinan. Dan waktu tempuh dari pasar ini menuju ke Sumber Jenon sendiri, hanya sekitar 20 menit ke arah timur. Tak perlu khawatir, di sepanjang jalan sudah tersedia beberapa petunjuk yang bisa kamu manfaatkan bila kamu masih belum tahu persis daerah ini. Bila masih kesulitan, kamu bisa bertanya pada penduduk sekitar arah menuju Pemandian Sumber Jenon. Yang perlu kamu waspadai, trekking menuju Sumber Jenon sangat amat menantang. Yang mana, masih satu paket dengan jalur trekking yang melintasi puncak Gunung Ronggo dan berakhir di Pemandian Sumber Jenon.

Baca Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *