6 Hal Unik Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Ke Pantai Tiga Warna

6 Hal Unik Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Ke Pantai Tiga Warna

Siapa sih yang gak tau Pantai Tiga Warna? Pantai yang lagi nge-hits ini berlokasi di Jl. Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur. Pantai yang punya panorama apik ini wajib kamu kunjungi ketika berada di Malang. Eh tapi sebelum itu, karena pantai ini berada di kawasan Clungup Mangrove Conservation, jadi kamu harus tahu apa aja tentang pantai ini, Yuk disimak!

1. Harus Reservasi Dulu

Photo by myblogwiddy.blogspot.co.id

Karena Pantai Tiga Warna berada di area konservasi, maka tidak sembarangan orang bisa masuk, karena harus mendapatkan surat izin dari balai konservasi terlebih dahulu. Jadi, jauh-jauh hari sebelum mengunjungi Pantai Tiga Warna kamu harus menghubungi pihak pengelola untuk melakukan reservasi. Pemesanan bisa dilakukan pada jam 08.00-16.00 dengan membayar tarif masuk Rp. 100.000 per kelompok, yang per kelompoknya dibatasi maksimal 10 orang. Pengelola juga membatasi 100 orang pengunjung per hari demi menjaga ekosistem alam dan biota laut. Jadi, jika kamu datang ke pantai ini tanpa booking terlebih dahulu, kemungkinan besar akan ditolak oleh petugas pantai karena kuota pengunjung sudah penuh. Tunggu apalagi? Segera booking slot kamu di 0812-3333-9889 yuk!

2. Akan ditemani pemandu lokal

Photo by www.audiolinks.com

Selain wajib untuk reservasi terlebih dulu, kamu juga diwajibkan menggunakan jasa tour guide dengan biaya Rp. 100.000 per 10 orang. Hal ini diterapkan selain untuk menjaga kondisi alam agar tetap terjaga, juga untuk memberi keluasan kepada para pengunjung agar lebih nyaman saat menikmati keindahan alam. Pemandu lokal yang juga petugas konservasi ini akan menemani trip kamu selama dikawasan konservasi, juga sebagai contoh teladan sekaligus mengingatkan bila kamu nanti melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan ketidak seimbangan terhadap alam.

3. Batas kunjungan maksimal 2 jam

Photo by career.uconn.edu

Di setiap kunjungan ke Pantai Tiga Warna, kamu hanya diperbolehkan untuk bermain-main serta menikmati keindahannya selama 2 jam saja. Dan salah satu fungsi pemandu lokal disini untuk mengingatkan kamu agar tidak terlalu berlama-lama di Pantai Tiga Warna ini. Hal ini semata-mata dilakukan demi menjaga ekosistem di Pantai Tiga Warna, jadi kamu harus mematuhi peraturan yang ada ya!

4 Wajib Pakai Pelampung

Photo by www.anekawisata.com

Yang satu ini penting banget, Amazing People! Karena Pantai Tiga Warna ini memiliki air yang jernih juga panorama bawah laut berupa terumbu karang yang memikat, serta ada ikan-ikan yang kecil. Maka tak lengkap kalau tidak melakukan snorkeling di pantai ini. Eits, tapi sebelum itu kamu wajib mengenakan jaket pelampung ya! Tujuannya agar kamu tetap mengapung di air dan tidak menyentuh terumbu karang. Sebagai traveler yang baik, kamu harus selalu mematuhi peraturan yang ada ya! Jangan sampai kamu merusak ekosistem laut dengan cara merusak terumbu karang.

5. Tidak Boleh Camping

Photo by www.campgroundsigns.com

Di Pantai Tiga Warna ini, kamu tidak diperbolehkan mendirikan tenda untuk bermalam, jika kamu tetap melakukannya sama saja kamu melakukan kegiatan yang ilegal. Tapi, bagi kamu yang tetap ingin bermalam jangan berkecil hati dulu, karena sudah disediakan spot kemping di Pantai Gatra yang per malamnya di bandrol dengan harga Rp. 25.000,- Kalau kamu gak mau ribet, juga bisa loh memanfaatkan akomodasi penginapan yang sudah di siapkan. Akomodasi ini terletak di Desa Tambakrejo, Sendang Biru, Kabupaten Malang. Dan jiika dari Pantai Tiga Warna hanya berjarak sekitar 3,25 km saja. Dengan tarif yang bermacam-macam kamu sudah bisa menikmati fasilitas seperti ruang tamu, teras, area parkir, kamar mandi, kamar tidur plus spring bed, dan lain-lain.

6. Aturan Sampah yang sangat ketat

Photo by forum.liputan6.com

Apa yang kamu bawa saat masuk Pantai Tiga Warna itu pulalah yang harus kamu bawa pulang kembali. Jangan heran jika saat masuk, semua barang yang kamu bawa akan di cek satu persatu secara detail oleh petugas yang berjaga. Saat kamu akan meninggalkan pantai pun juga seperti itu, jadi, ada baiknya kalau kamu membawa kantung kresek untuk menaruh sampah-sampahmu. Agak ketat memang ya, Amazing People! Tapi jangan salah, hal ini dilakukan juga untuk menjaga keindahan di Pantai Tiga Warna.

Baca Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *