5 Peraturan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mendaki Gunung Semeru, Jangan Sampai Nyesel Yah!

5 Peraturan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mendaki Gunung Semeru, Jangan Sampai Nyesel Yah!

Kamu kudet kalau belum tau Gunung Semeru! Sekilas info, Gunung Semeru ini merupakan gunung tertinggi di tanah Jawa, ketinggiannya mencapai 3.676 mdpl dengan Puncak Mahameru. Tinggi banget kan? Ya jelas dong, namanya juga gunung tertinggi di Jawa. Mulai tahun 2012, gunung ini semakin hits dan diburu oleh pendaki luar Jawa setelah muncul di film 5CM yang diadaptasi dari sebuah novel. Udah nonton belum? Yang udah nonton pasti pengen kesini kan? Eits, tapi sebelum itu kamu wajib tahu 5 hal ini dulu sebelum kamu mendaki gunung satu ini.

 

1. Batas Aman Pendaki Hanya Sampai Di Kalimati

Photo by kelanakota.suarasurabaya.net

Seperti yang diketahui, Semeru sudah beberapa kali menelan korban. Mulai dari yang kelelahan karena mendaki terlalu jauh sampai tersesat di tengah hutan menjadi penyebabnya. Ada juga tragedi keracunan gas dari kawah Jonggring Saloko yang masih aktif. Dari kejadian itu pula, pihak TNBTS mengambil pembelajaran dengan menghimbau para pendaki agar tidak nekat mendaki sampai puncak, hanya sampai batas aman saja, di Kalimati. Sebelum memulai trip, setiap pendaki diwajibkan untuk membuat surat pernyataan bermaterai 6000 yang berisi tentang pendakian yang boleh dilakukan hanya sampai di Kalimati dan harus ditaati, juga surat kondisi kesehatan pendaki. Meskipun begitu, banyak pendaki yang melanggar aturan dan tetap mendaki hingga puncak mahameru dengan bermodal nekat. Nah, kamu sebagai pendaki yang baik harus taat aturan dong ya?

2. Mendaki Hanya Melewati Jalur Ranu Pani

Photo by www.tripadvisor.com

Selama ini, banyak pendaki yang masih bandel dan sok tau karena coba-coba untuk menemukan jalur lain agar meraih puncak Semeru. Namun, pada akhirnya mereka kehilangan arah dan tersesat. Karena hal itu pula, kepala balai besar TNBTS Bapak John Kenedie, memberlakukan larangan mendaki selain jalur Ranu Pani agar meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Hayo .. jangan coba-coba deh, daripada nggak bisa pulang? : D

3. Dilarang Mandi Di Danau Ranu Kumbolo

Photo by backpackerindonesia.com

Perairan satu ini memang di khususkan untuk minum saja dan dilarang keras untuk membersihkan diri. Karena khawatir akan mencemari air, yang akan berpotensi merusak vegetasi danau dan kehidupan hewan serta ikan kecil kecil yang ada di danau. Semua kegiatan pun harus dilakukan dalam jarak sekitar 10 meter dari bibir danau, termasuk mendirikan tenda. Tapi tenang, kawasan wisata ini sudah difasilitasi dengan kamar mandi kok. Tapi, lebih baik kurangi penggunaan sabun, sampo dan bahan kimia lainnya agar habitat sekitar dapat terjaga.

4. Jangan Memetik Bunga Edelweiss

Photo by blogs.uajy.ac.id

Bunga Edelweiss yang dikenal dengan nama Javanese Edelweiss merupakan tumbuhan edemik yang tumbuh di daerah pegunungan dengan ketinggian 2000 mpdl ke atas dan dengan suhu dan kelembapan tertentu. Bunga Edelweiss di Indonesia berbeda dengan yang ada di dataran Eropa. Terkenal dengan keindahan dan tak mudah layunya, bunga ini memperoleh julukan sebagai bunga abadi. Tak sedikit juga orang yang dibuat penasaran dan tangan jahilnya turut memetik bunga ini untuk dijadikan ‘oleh-oleh’ sehingga tumbuhan ini hampir punah. Karena bunga satu ini semakin langka, sehingga cara satu-satunya adalah membiarkannya berkembangbiak di tempatnya. Dan yang perlu kamu tahu, Bunga Edelweiss ini dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem pasal 33 ayat 1 loh, jadi jangan macam-macam ya karena kalau ketahuan bakal dikenakan sanksi sampai 5 tahun penjara, juga denda sebesar Rp.100 juta. Ingat! Jangan sampai memetik tumbuhan langka satu ini ya!

 

5. Jangan Membuang Sampah Di Gunung

Photo by kedaipena.com

Gunung Semeru, khususnya Ranu Kumbolo pernah menjadi sorotan banyak orang, karena tempat ini yang dulunya asri kok makin lama malah dipenuhi sampah para pendaki. Oleh karena itu, untuk mencegah kejadian yang serupa terjadi lagi, para pendaki dilarang keras meninggalkan sampah di gunung. Bahkan bisa-bisa dikenakan denda jika tidak membawa kantong sampah saat berangkat maupun pulang. Katanya sih dendanya Rp. 100 rb, wah lumayan kan, buat beli bakso dapet berapa mangkok tuh?

Baca Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *