Berminat Mencicipi Kuliner Legendaris Khas Kota Malang? Yuk Intip Rekomendasi Tempatnya

Kota Malang memang memiliki sejuta pesona. Selain sebagai kota pariwisata, Malang memang terkenal sebagai kota kuliner. Nah, mendengar Malang kota kuliner makanan apa nih yang kalian pikirkan guys? Pasti kebanyakan dari kalian akan berpikiran Bakso Malang yaa. Betul banget, tapi gak cuma Bakso Malang aja nih amazing people. Malang sendiri punya kuliner dari yang berbau tradisional sampai kuliner modern. Kali ini Amazing Malang bakal merekomendasikan tempat makan buat kalian,yang pastinya udah legend abis.

  1. Soto Ayam Lombok

(gambar 1: by widhiaanugrah.com)

Didirikan pada tahun 1955 silam oleh pemiliknya yang asli Madura. Soto di kedai ini memiliki rasa yang khas karena kuah kental berwarna kecokelatan kaya akan bumbu serta taburan koya yang melimpah. Isinya terdiri dari potongan kentang rebus, telur bebek rebus, mie bihun, irisan kubis, taoge, dan potongan daging ayam. Pengunjung bisa memilih antara nasi atau lontong sembagai pendamping.

  • Alamat : Jl. Sulawesi No.14A, Kasin, Klojen, Kota Malang
  • Jam Buka : 00-20.00

 

  1. Bakso President

(gambar 2: dolandolen.com)

Berkunjung ke Malang rasanya sangat tidak afdol jika belum menikmati sajian kuliner terkenal bernama Bakso. Salah satu tempat makan bakso yang lezat ya di Bakso President Malang ini. Bakso Malang President sudah terkenal sejak tahun 1977 dan hingga kini. Yang membedakan Bakso President Malang dengan bakso lainnya adalah pada pilihan isi atau menunya.

  • Alamat : Jalan Baranghari No. 5 Malang (tepat di belakang hotel Savana).
  • Harga : Berkisar antara Rp 12.000 – 35.000

 

  1. Bakso Bakar Cak Man

(gambar 3: http://www.putrinyanormal.com/)

Bakso Bakar yang merupakan hasil ide kreatif dari salah satu warga Malang bernama Bapak Suparman ialah salah satu modifikasi kuliner kota Malang. Bakso Bakar pertama kali diperkenalkan oleh Pak Man atau Suparman pada tahun 1997 silam. Sebagaimana cara membuat bakso pada umumnya kemudian dibakar. Sejak awal dibuka hingga sekarang Bakso Bakar Pak Man selalu ludes diburu pelanggan.

  • Alamat : Jalan Diponegoro No. 19A Malang.
  • Buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB
  • Harga : Berkisar antara Rp 20.000 – 000
  1. Rawon Nguling

(gambar 4: travelingyuk.com)

Kedai yang menyajikan menu spesial rawon dengan rasa yang begitu khas. Kuah kental kaya akan rempah dipadu dengan daging sapi empuk yang bumbunya meresap hingga ke dalam membuat siapa saja yang sudah mencoba selalu ingin kembali lagi kesana. Maka tak heran jika hidangan di depot ini digadang-gadang sebagai rawon terenak se Malang Raya. Tergolong salah satu kedai legendaris di Kota Malang, karena sudah dikenal sejak tahun 1942 silam. Sedangkan cabang pertamanya berada di Tongas, Probolinggo, Jawa Timur.

  • Alamat : Jl. Zainul Arifin No.62, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
  • Buka setiap hari dari pukul 07.00-15.30 WIB
  • Harga : Berkisar antara Rp 24.000 – 000

 

  1. Es krim Oen

(gambar 5: perutgendut.com)

Berada di Kota Malang memang serasa wajib hukumnya menikmati hidangan yang ada di Toko Oen. Kelezatan ice creamnya yang telah ada sejak 1930 menjadikan tempat kuliner yang satu ini begitu melegenda. Hingga kini cita rasa dari olahan ice creamnya masih sama tak ada yang dirubah. Hal ini lah yang menjadikan Toko Oen ini masih berjaya hingga saat ini. Dikabarkan bahwa Toko Oen ini adalah tempat nongkrongnya orang orang Belanda pada masa lampau.

  • Alamat : Jalan Basuki Rachmad no.5 Malang (sekitar Alun alun Malang)
  • Buka setiap hari dari pukul 08.00 – 21.30 WIB
  • Harga : Berkisar antara Rp 15.000 – 000

 

  1. Puthu Lanang Celaket

(gambar 6: malang.merdeka.com)

Puthu merupakan jajanan manis khas Indonesia. Terbuat dari tepung beras yang diisi gula merah kemudian dikukus serta dihidangkan dengan taburan parutan kelapa. Rasanya empuk, manis, dan gurih sangat sedap jika disantap saat masih hangat. Di Malang kamu dapat menemukannya di kedai Puthu Lanang yang berada di kawasan Celaket. Telah berdiri sejak tahun 1935 dan menjadi salah satu jajanan legendaris di Kota Malang. Hidangan lainnya yang juga disajikan di kedai ini yaitu, cenil, lupis, dan getuk yang tak kalah menggoda.

  • Alamat : Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT.03, Samaan, Klojen
  • Buka setiap hari dari pukul 16.30 – 22.00 WIB
  • Harga : Dibandrol mulai Rp 10.000

 

  1. Ronde Titoni

(gambar 7: merdeka.com/Febrianti)

Merupakan warung dengan sajian ronde paling enak di Malang. Namanya pun telah meluas hingga keluar kota. Telah berdiri sejak tahun 1948 silam, awalnya dijajakan dengan berkeliling dan sering mangkal di depan toko jam Titoni. Dari situlah asal muasal pemberian nama bagi kedai yang kini berada di kawasan Pasar Besar tersebut. Selain ronde, warung Titoni juga menyediakan berbagai hidangan hangat lainnya seperti angsle, kacang kuah, dan roti goreng.

  • Alamat : Jl. Zainal Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
  • Buka setiap hari dari pukul 18.00-00.00 WIB
  • Harga : Dibandrol mulai Rp 7.000

8.    Pos Ketan Legenda 1967

(gambar 8: http://farizahaqie.blogspot.co.id)

Begitu mendengar namanya, Amazing people pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa kuliner yang satu ini telah ada sejak tahun 1967. Pos Ketan Legenda 1967 sendiri merupakan sebuah tempat makan yang menyajikan kuliner olahan beras ketan yang telah melegenda di kawasan Malang Raya. Hal ini terbukti dari setiap harinya Pos Ketan Legenda tidak pernah sepi pengunjung, bahkan pembeli yang datang rela mengantri untuk bisa menikmati kenikmatan seporsi ketan.

  • Alamat : KH. Agus Salim Batu (kawasan Alun-alun Batu).
  • Buka setiap hari dari pukul 15.00-03.00 WIB
  • Harga : Dibandrol mulai Rp 7.000

 

  1. Tahu Lontong Lonceng

(gambar 9 : malang.merdeka.com)

Dikenal juga dengan sebutan Tahu Lontong Lonceng Panca Budhi karena kedainya terletak tepat di sebelah Gedung Persemayaman Panca Budhi. Telah berdiri sejak tahun 1935 silam, depot yang terbilang sederhana ini hanya menyajikan 3 macam menu makanan, yaitu tahu telor lontong, tahu telor nasi, dan tahu lontong biasa.

  • Alamat : Jl. Laksamana Martadinata No. 66 Kota Lama, Malang
  • Buka setiap hari dari pukul 08.00-20.00 WIB
  • Harga : Dibandrol mulai Rp 9.000

 

  1. Mie Gajah Mada

(gambar 10 : TripAdvisor.co.id)

Merupakan salah satu kedai mie legendaris di Kota Malang dengan menu yang masih sama seperti dulu. Hingga kini masih berdiri dan tak pernah sepi pembeli. Salah satu menu favorit di kedai ini adalah Pangsit Mie Ayam Jamur.  Disajikan dengan daun selada sebagai alas, kemudian diletakkan pangsit rebus diatasnya, disusul dengan mie, dan yang terakhir ditaburi dengan potongan ayam serta jeroan yang dimasak kecap, tak lupa irisan bawang goreng dan daun bawang sebagai pelengkap. Kuahnya dibuat terpisah agar pembeli bisa menambahkannya sesuai selera.

  • Alamat : Jl. Pasar Besar No.17 A, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
  • Buka pukul: 09.00 – 14.30 & 17.00 – 21.00 WIB
  • Harga : Dibandrol mulai Rp 21.000 – 35.000

Bagaimana Amazing people, tertarik untuk mencicipi kuliner di atas? Pastinya bikin ngiler yaa. Buat kalian yang sedang berlibur ke malang jangan lupa mampir yaa. Amazing  Malang Amazing Strudel.

(Visited 437 times, 1 visits today)

You might be interested in