9 Fakta Tentang Malang

1. Kota Malang


Kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Memiliki potensi wisata alam dan buatan yang memukau. Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu biasa dikenal dengan Malang Raya.

2. Sejarah


Berasal dari nama Batara Malangkucecwara yang tertulis di dalam Piagam Kedu (tahun 907) dan Piagam Singhasari (tahun 908).

3. Geografi


Terletak pada ketinggian 440—667 mdpl, memiliki luas daerah sekitar 145,3 km², dan dikelilingi oleh pegunungan. Kota Malang ini terletak di tengah-tengah kabupaten Malang.

4. Topografi


Merupakan daerah dataran tinggi, sedang dataran rendahnya berada di tengah wilayah Malang. Jika dibayangkan kurang lebih berbentuk cekungan atau mangkok.

5. Penduduk


Mayoritas penduduk Malang adalah masyarakat suku Jawa. Meskipun suku Jawa di Malang memiliki temperamen yang sedikit lebih keras, mereka akan tetap sopan asalkan kalian tidak macam-macam.

6. Bahasa (bikin sendiri : AYAS NGALAM)


Memiliki bahasa yang khas yaitu bahasa walikan (baik itu bahasa indonesia atau bahasa jawa yang pengucapannya dibalik. Seperti kamu = umak, saya = ayas).

7. Demografi


Bisa dibilang pertumbuhan penduduk di Malang selalu meningkat. Pada tahun 2015 hingga akhir Desember penduduk Kota Malang sebanyak 881.794 jiwa. Sedangkan hingga akhir April 2016 penduduk Kota Malang sebanyak 887.443 jiwa.

8. Memiliki Banyak Julukan


Beberapa julukan ini disematkan untuk Malang karena dilihat dari keragaman yang ada. Seperti julukan Malang Kota Pendidikan, Malang Kota Bunga, Malang Kota Pariwisata, dan sebagainya.

9. Termacet no.3 di Indonesia


Kota Malang masuk dalam wilayah termacet ketiga di Indonesia melalui rilis dari Inrix. Menurut Kadishub Kota Malang macet ini dikarenakan kendaraan makin bertambah, tapi ukuran jalan tetap.

(Visited 1223 times, 1 visits today)

You might be interested in