8 Candi Bersejarah Di Malang Raya

1. Candi Singosari


Candi Hindu-Budha peninggalan kerajaan Singhasari. Dikenal juga dengan nama Candi Cungkup karena candi yang paling tertinggi pada masanya. Dibangun untuk menghormati Raja Kertanegara, raja terakhir kerajaan Singasari yang meninggal pada tahun 1292.

2. Candi Kidal


Salah satu candi warisan kerajaan Singasari. Dibangun sebagai bentuk penghormatan atas jasa Anusapati, Raja kedua Singhasari, yang memerintah selama 20 tahun. Yang menarik adalah relief kisah garuda yang dipahat lengkap dibandingkan lainnya.

3. Candi Jago


Berasal dari kata “Jajaghu” yang artinya ‘keagungan’, atau istilahnya tempat suci. Didirikan pada masa Kerajaan Singhasari abad ke-13. Bagian atas dari Candi ini konon hancur karena disambar petir. Relief Kunjarakarna dan Pancatantra dapat ditemui di candi ini.

4. Candi Badut


Merupakan candi tertua di Jawa Timur yang didirikan pada tahun 760 M. Dibangun untuk memuliakan Resi Agastya yang sangat diagungkan oleh Raja Gajayana seperti yang tertera di Prasasti Dinoyo. Candi ini HIndu karena arca yang ada yaitu durga, agastya dan lingga yoni.

5. Candi Songgoriti


Candi ini terletak di dekat taman rekreasi Tirta Nirwana Songgoriti. Lebih dikenal sebutan Candi Supo, candi ini merupakan peninggalan dari Mpu Sindok, Mpu Sindok merupakan raja pertama dari kerajaan Medang.

6. Candi Jawar Ombo


Bangunan peninggalan masa Hindu-Budha yang ditemukan penduduk pada tahun 1983. Candi Jawar Ombo menghadap puncak Gunung Semeru, gunung tertinggi di Jawa Timur. Hingga saat ini masih digunakan oleh umat Hindu di sekitar untuk acara religius.

7. Candi Sumberawan


Candi Sumberawan hanya berupa sebuah stupa. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Singhasari dan digunakan oleh umat Buddha pada masa itu. Candi ini dibangun untuk menghormati Hayam Wuruk dari kerajaan Majapahit yang berkunjung ke daerah tersebut.

8. Candi Bocok


Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Terdapat arca Dewa Siwa dan Dewi Durga, candi Bocok merupakan arca terbaik yang pernah ditemukan di Jawa Timur.

8 Candi bersejarah di Malang raya

1. Candi Singosari
Jl. Kertanegara No.148, Candirenggo, Singosari
2. Candi Kidal
JL. Candi Kidal No.65125, Kidal, Tumpang
3. Candi Jago
Jl. Wisnuwardhana, Tumpang
4. Candi Badut
Jl.Candi 5D, Karangwidoro, Dau
5. Candi Songgoriti
Songgokerto, Kec. Batu,
6. Candi Jawar Ombo
Argoyuwono, Ampelgading
7. Candi Sumberawan
Sumberawan, Toyomarto, Singosari
8. Candi Bocok
Bocok, Pondokagung, Kasembon

(Visited 1283 times, 1 visits today)

You might be interested in